-->

Menjadi Social Media Bos

Social Media Bos



Hello July!
Hello Social Media Boss. on this time we will talking about social media, semua yang berhubungan dengan social media, social media marketing, Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan yang lainnya. sebagai blogger (Newbe) saya sering menggunakan platform social media untuk meningkatkan traffic blog milik saya, sering saya menggunakan facebook, baik akun facebook pribadi maupun fans page dan pinterest. selain sebagai blogger, baru-baru ini saya juga mulai merambah ke dunia design Tee, buat nambah uang jajan, maklum masih kuliah hehe... well, untuk promosi Tees Compaign saya menggunakan facebook fans page dan instagram, mengapa saya menggunakan platfrom social media? let me teach you how to roar! :D
sebagai bloggers pemula, mencoba mencari traffic untuk blog baru itu menjengkelkan! saya sudah 2 tahun blogging dan masih butuh usaha keras untuk mendapatkan traffic blog, karena ini membutuhkan banyak waktu untuk menumbuhkan blog. kita perlu membuat blog post, menentukan foto untuk blog post, email subscriber, jaringan online dan tentunya harus promosiin postnya.
akhirnya banyak yang mengandalkan uang untuk meningkatkan traffic blog, tapi ini bukan pilihan yang tepat. kita hanya perlu mendapatkan traffic secara gratis tanpa boros uang. dan tempat yang paling tepat adalah social media.

Facebook.
But why Facebook?

Facebook sangat populer, dan Facebook juga merupakan jaringan social media nomor satu di dunia, bahkan ibu kalian juga ada di Facebook, iya kan? :D . Terhitung sampai Maret 2017, di seluruh dunia, ada lebih dari 1,94 miliar pengguna Facebook aktif bulanan (sumber: zephoria.com), dan ini naik mencapai 18% dari tahun ke tahun. selain itu 1,15 miliar pengguna aktif Facebook mengaksesnya melalu smartphone. Jadi ini artinya kamu tidak perlu lagi untuk mengabaikan Facebook untuk meningkatkan traffic blog maupun brand milikmu. 42% marketers melaporkan bahwa Facebook sangat penting bagi bisnis mereka. kuncinya adalah menggunakan Facebook marketing dengan tepat. saya juga tidak mau kalah untuk menggunakan Facebook sebagai tempat promosi blog dan design Tees milik saya. ceck this out!

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi


Lalu bagaimana cara menggunakan Facebook untuk meningkatkan traffic Blog sekaligus brand atau produk kamu?

Jadi, mari kita lihat bagaimana cara menggunakan Facebook untuk meningkatkan Traffic blog.

1. Manfaatkan Facebook Grup
Grup Facebook merupakan cara yang bagus untuk memulai promosi blog, tapi dalam kenyataannya banyak dari blogger pemula menggunakan facebook hanya untuk mengupload foto selfie mereka, padahal ini bisa di jadikan peluang untuk promosi. keuntungan bergabung di grup facebook kita bisa saling blog walking dengan blogger lain di dalam grup, selain itu bisa saling belajar dan membantu satu sama lain, dan yang paling penting bisa promosi blog dan menambah trafict blog milik kalian.
2. membuat Facebook Page
Apakah kamu punya Facebook pge untuk blog atau produk kamu? kamu harus mencoba membuatnya, ini adalah tempat terbaik untuk mempromosikan blog kamu, saya juga memanfaatkan Facebook page untuk kebutuhan promosi blog dan Design Tees milik sendiri. check this out!

Dok. Pribadi

3. Beriklan di Facebook
ini yang paling ampuh, kamu bisa pasang iklan di Facebook, dan sesuaikan target pemasarannya. bayangkan ribuan orang di facebook melihat iklan kalian, dan mengekliknya, secara otomatis blog dan produk kalian akan terkenal sekaligus mendapatkan tanggapan dari audience, dan pastinya akan berdampak baik pada blog dan produk milik kalian.
4. Facebook Live
Kalian juga bisa menggunakan Facebook Live untuk promosi produk kalian, melalui facebook live ini kalian bisa lebih dekat dengan audience, audience juga akan lebih mengenal kalian. sekaligus juga bisa digunakan untuk iklan produk, berbagi tips dengan audience, mengadakan Q&A mengenai produk kalian dan lain-lain.


Selanjutnya Instagram, instagram merupakan platform social media dengan pengguna terbanyak nomor 3 setelah Facebook dan Youtube, yaitu kurang lebih ada 700 juta pengguna instagram dari seluruh dunia. dan dari Indonesia sendiri, tercatat sampai Maret 2017 mencapai 40 juta user. ini merupakan peluang yang besar bagi marketers untuk mempromosikan produk mereka melalui instagram. satu hal yang membuatnya berbeda dari platform social media yang lain, instagram mengandalkan visual, orang paling suka dengan visual, dan kemungkinan besar untuk mendapatkan respon yang tinggi pula. sama halnya dengan facebook, instagram juga memfasilitasi layanan periklanan untuk kalian yang ingin melakukan promosi, walaupun sebenarnya kalian tidak harus menggunakan ads dari instagram, hanya saja dengan ads instagram ini, kamu akan dimudahkan untuk menargetkan pemasaran, mulai dari negara mana yang akan dituju, gender, umur dll.

Prince Bored Store
Dok. Pribadi | Prince Bored Store

Sedikit tips buat kalian yang mau promosi untuk brand atau blog milik kalian di Instagram tanpa harus pasang iklan.

  1. Gambar atau photo, jika kamu ingin mendapatkan trafik blog dari instagram, kamu harus punya foto yang eyes catching, bukan foto selfie kamu. gunakan foto yang mewakili isi dari post blog, usahakan original dan personal, sehingga orang memiliki kesan yang berbeda saat melihat instagram milikmu. untuk kamu yang ingin promosi produk, usahakan pengambilan gambar produk tidak asal-asalan dan sesuai dengan produk yang dipasarkan, ingat angel juga mempengaruhi loh.
  2. setelah foto sudah siap, waktunya menulis caption, untuk blog, ceritakan apa yang ingin kamu bagikan kepada followers kamu, seberapa penting post kamu bagi mereka, begitu juga jika kamu promosi sebuah produk, harus dijelaskan secara rinci produk apa yang kamu jual.
  3. jangan lupa masukkan link. lebih baik gunakan short url agar link tidak terlalu panjang dan tidak menggangu.
  4. hashtag. ingat hashtag juga berpengaruh besar untuk instagrammu, saat kita meng-klik salah satu hashtag, kita langsung di suguhkan beribu-ribu foto yang sama-sama menggunakan hashtag tersebut, kemungkinan besar post instagrammu di lihat oleh ribuan orang dari seluruh dunia tanpa harus beriklan dan walaupun followers masih sedikit, tapi ingat sesuaikan dengan post instagram kalian ya. untuk hashtag kalian bisa cari di internet, mana hashtag yang populer dan berpotensi meningkatkan statistik instagram kalian.
  5. selalu rendah hati, kalau ada yang berkomentar, usahakan di respon. menjalin hubungan baik dengan audience juga perlu.



Next, Twitter.
Twitter ini penggunanya di urutan ke 4 dengan kurang lebih 317 juta user setelah FB, Youtube, dan Instagram. saya yakin kalian juga punya akun yang satu ini kan?. kenapa tidak dimanfaatkan untuk promosi blog maupun produk kamu. caranya mudah ko, cuman upload foto yang akan kamu promosi, sedikit deskripsi, link dan pastinya hashtag. contoh milik saya ada di bawah ini.

And the last, Pinterest
jujur saya masih baru dalam Pinterest, walaupun saya sudah daftar dari dua tahun yang lalu, cuman baru aktif kemarin-kemarin :D. tapi lumayan untuk meningkatkan traffic blog, pasalnya saat saya mulai mengupload post saya ke pinterest (secara otomatis menggunakan ifttf), setiap harinya ada yang me repin post saya di pinterest, sekaligus juga mendapatkan traffic organik dari pengguna pinterest. walaupun kurang terkenal di Indonesia, tapi pengguna pinterest sudah hampir sama dengan twitter, yaitu lebih dari 300 juta pengguna.

undygun pinerest
Dok. Pribadi
Nah itu sedikit ulasan mengenai Social media dari saya, bagaimana saya menggunakan social media untuk tempat promosi. 

0 Response to "Menjadi Social Media Bos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel