-->

9 Google Tools Gratis dan Berguna, Blogger Tidak Boleh Melewatkannya

9 Google Tools Gratis dan sangat Berguna untuk Bloggers

9 Google Tools Gratis dan sangat Berguna untuk Bloggers. Buat kamu para Bloggers jangan pernah melewatkan 9 tools ini untuk menumbuhkan blog kalian. artikel ini saya dapat dari Blogger Pro bernama Harsh Agrawal. dalam artikelnya dia membagikan beberapa tools dari Google yang sering Bloggers abaikan, nyatanya tools tersebut justru akan mempermudah kita dalam promosi blog dan menjadikan blog kita berkembang layaknya blogger Pro.

Riset kunci yang benar, strategi marketing media sosial yang sempurna dan ketrampilan mngoptimalkan search engine, semuanya berkontribusi pada kesuksesan blogger. sayangnya, tools yang dapat melakukan hal-hal di atas kebanyakan berbayar. dan kebanyakan Bloggers tidak mampu membelinya atau berfikir dua kali untuk membelinya. tapi kabar baiknya, ada banyak sekali tool gratis yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hasil yang sama, dan kebanyakan dimiliki oleh raksasa internet, yaitu Google.

9 Google Tools Gratis dan Berguna

Anehnya banyak orang yang tidak memanfaatkan alat ini, bukan karena mereka tidak mau, tapi karena mereka tidak peduli dengan tools ini. mereka masih melihat Google hanya sebagai mesin pencari raksasa dan tidak lebih dari itu.
di artikel ini, saya akan berbagi dengan kalian 9 Google Tools gratis yang wajib kamu gunakan dalam konten marketing. ini merupakan tools yang tidak bisa kamu abaikan apalagi untuk bisnis.
tak peduli kalian blogger newbe, menengah, maupun Pro, saya yakin kalian akan mendapatkan sesuatu dari post ini.

1. Google Search Console

Ini adalah salah satu tool gratis terbaik yang pernah kamu gunakan sebagai webmaster. Waktu yang kamu habiskan di Google Search Console tidak akan pernah sia-sia. Semakin kamu menggunakan tool ini, kamu akan semakin kecanduan karena hanya ada banyak hal untuk dipelajari.
Dengan tool Google Search Console SEO, kita dapat mempelajari keseluruhan dari situs web atau blog kita dan mengetahui di mana kita harus melakukan perubahan untuk memastikan bahwa blog kita berkinerja baik dengan SEO.
Ada juga banyak hal menakjubkan lainnya yang bisa Anda lakukan dengan GSC. Misalnya, tautan "Analisis Penelusuran" memungkinkan kita menganalisis dengan cepat kinerja situs kita di Google Penelusuran:

search traffic

Jika kamu ingin tahu bagaimana kinerja kata kunci, kalian hanya mengeklik tombol Posisi untuk mempelajari lebih lanjut. Ini akan memunculkan posisi rata-rata untuk semua kata kunci yang muncul di Google Search:


Sebagai konten marketer, kamu harus benar-benar terbiasa dengan alat Google Search Console.

2. Google Keyword Planner

Apakah kamu masih mencari tool yang bagus untuk membantu menemukan kata kunci terbaik di blog? Meskipun ada banyak tool yang dapat melakukan hal ini, Perencana Kata Kunci gratis Google tetap menjadi yang terbaik dan yang paling terbaik.
Meskipun sangat mudah digunakan, semakin kamu bereksperimen dengannya dan semakin banyak pencarian yang kamu lakukan, semakin baik pula kamu memahami bagaimana memanfaatkannya untuk kesuksesan mendatang.

3. Google Spreadsheet

Sebagai konten marketer, kamu memerlukan sistem yang bagus untuk merekam dan melacak data. Ada juga saat dimana kamu mungkin perlu membagikan data ini dengan sesorang
kamu memang bisa menggunakan Microsoft Office Excel untuk melakukan ini, namun tidak memiliki fitur shareable intuitif, dan bisa memakan banyak ruang saat berisi banyak data. Dan bagaimana jika kamu perlu segera memeriksa sesuatu, tapi kamu tidak membawa laptop ke luar dan ternyata kamu menyimpan filenya di excel.
Untungnya, dengan Google Sheets, ini bisa dengan mudah diurus. Ini adalah salah satu tool yang paling efisien dan mudah digunakan untuk melacak perubahan, merekam data, dan berkolaborasi dengan orang lain.

4. Google Analytics

Ini bisa dibilang yang terbaik dari semua alat analisis di internet. Izinkan saya mengajukan beberapa pertanyaan:
Apakah kamu tahu berapa banyak pengunjung situsmu yang baru dan yang balik lagi?
kamu tahu dari mana orang-orang ini berasal?
Bagaimana dengan jumlah total waktu yang mereka gunakan di situsmu?
Berapakah tingkat bounce situs web kamu?
Semua pertanyaan analitik ini penting dan google lah yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas.

Ini adalah produk analisis gratis dari Google yang akan dengan mudah melacak dan melaporkan semua metrik penting dari situs web milik mu. Google Analytics dapat memberi kamu wawasan cerdas tentang traffik situs dan memungkinkan kita memahami bagaimana orang menemukan dan menavigasi situs kita, sehingga kita akan tahu bidang mana yang menarik perhatian lebih banyak.

Google Analytic undilife.gq

5. Google Alerts

Google Alerts memungkinkan kita memantau web untuk menyebutkan frasa atau kata kunci tertentu. Setelah kita mengaturnya, kita akan selalu mendapatkan peringatan email kapan pun jika kata kunci ini disebutkan secara online. Misalnya, kita dapat mendaftar untuk diberitahu kapan seseorang menyebutkan merek, produk, perusahaan, eksekutif, atau bahkan pesaing kita. Alat fantastis ini adalah cara terbaik untuk mengelola reputasi online bisnis kamu secara memadai dan selalu bereaksi terhadap nama merekmu segera.

6. Google Trends

Jika kamu merasa sulit untuk terus menghasilkan gagasan konten untuk blog, Google Trends dapat membantu kamu melakukannya. Meskipun Perencana Kata Kunci Google dan alat penelitian kata kunci populer lainnya dapat membantu kamu dalam mendapatkan gagasan, saat membuat konten berkualitas tinggi, tapi kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak dari Google Trends. tool ini akan memungkinkan kita untuk dengan mudah melihat apa yang sedang tren pada topik apapun.

7. Google My Business

ini adalah salah satu alat yang tidak ingin kamu lupakan. terutama jika kalian menjallankan bisnis lokal. dengan tool ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan iklan gratis dari Google. cukup dengan menge-claim google my Business milikmu, dan kamu siap untuk memulainya. jika dilakukan dengan baik, setiap kali seseorang melakukan penelusuran di google untuk frasa yang terkait dengan bisnis yang kamu jalani, bisnismu akan muncul di hasil penelusuran. biasanya para pembisnis online shop menggunakan tool ini untuk mempermudah mendapatkan pembeli sekaligus dapat iklan gratiis dari google.

8. Gmail

ada banyak sekali penyedia email gratis di internet tapi favorit saya cuman google, karena gmail memiliki keamanan yang bagus serta akun yang dapat di gunakan untuk semua produk google. selain itu juga gmail bisa digunakan untuk promosi kontent.

9. Google Plus

Google+ masih menjadi alat promosi andalan. google+ merupakan tempat yang bagus untuk berhubung dengan orang-orang yang memiliki fikiran sama sambil berbagi konten. lihat profil Google+ saya disini.


Bagaimana menurut kalian? saya yakin ada diantara kalian yang baru tahu tentang manfaat google Tool ini. jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. dan beikan tambahan jika ada yang terlewatkan oleh saya. jangan lupa rating dan sharenya. have a good day.

0 Response to "9 Google Tools Gratis dan Berguna, Blogger Tidak Boleh Melewatkannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel