-->

Cara Mengatur Settingan Aplikasi Open Camera Yang Manis Untuk Menciptakan Videography Dan Photography Di Smartphone Android

Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photo Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photography di smartphone android

Hallo temen-temen semua sahabat-sahabat ane dan kawan-kawan ane semua, kali ini ane mau sedikit dongeng dulu nih temen-temen, ane itu penyuka film nih temen-temen atau istilah keren nya Film maker, ciamikk keren banget yak. singkat dongeng ane pengen banget bikin film tapi sayang nya ane gak punya kamera yang ngedukung buat bikin film, maklum masih unyu-unyu banget ga ada modal buat beli ini itu temen-temen.


Tapi ane gak nyerah gitu aja temen-temen ane harus sanggup bikin film meskipun dengan alat seadanya, baiklah gear yang ane pake cuma ngandelin smartphone ane doang temen-temen disini ane menggunakan Hp android Merk Xiaomi Note 4x.


Ane coba ngerecord pake aplikasi kamera bawaan ternyata alhasil O EM JI, buruk bro :D,  Nah disini ane mulai deh cari-cari cara semoga sanggup bikin video cinematic yang manis walaupun hanya menggunakan smartphone android.


Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photo Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photography di smartphone android
gambar hanya lucu-lucan aja :v


Sebenernya banyak banget sih temen-temen aplikasi kamera yang mendukung untuk aktivitas photography ataupun videography, tapi ane rekomendasiin aplikasi open camera ini alasannya berdasarkan ane inilah aplikasi yang sangat manis buat kebutuhan tersebut.


"Oke deh hampir ane lupa ane nulis artikel buat apa, wkwkwk"  Oke deh temen-temen pribadi aja, ke topik pembahasan ane komitmen gak bakalan lagi banya mulut semoga temen-temen semua gak cape lagi baca artikel ane yang ada curhatan yang gak begitu jelas.

STOP !!! 

Dan ini pembahasan nya temen-temen

Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photography di smartphone android


Hal yang pertama temen-temen lakukan yaitu download dahulu buat aplikasi Open Camera nya temen-temen kalian sanggup pribadi cari di Playstore, hening ini gratis temen-temen. atau temen-temen sanggup pribadi klik disini 


Oke kalau temen-temen udah punya aplikasi open camera, silahkan temen-temen ikuti menyerupai di gambar berikut untuk Settingan Photography dan Videography


Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photo Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photography di smartphone android

Nah klik pengaturan nya ya temen-temen

Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photo Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photography di smartphone android

NOTE : nah disini ane untuk settingan camera yang ane fokusin disini hanya untuk settingan videography, alasannya berdasarkan ane buat settingan kebutuhan photography udah manis temen-temen walaupun menggunakan settingan default.


Oke lanjut temen-temen, ini poin penting nya 



Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photo Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photography di smartphone android
Ini hanya teladan ya temen-temen :v


Keterangan : 

Untuk video resolution temen-temen sanggup menyesuaikan ya temen-temen sanggup menggunakan yang 4K dan sanggup juga yang lainya, disini ane menggunakan resolusi yang Full HD soalnya kalau menggunakan resolusi yang 4K laptop ane belum berpengaruh buat ngedit videonya (Patah-patah) T_T. Belom ada modal buat beli laptop gres nya gan :D.


Nah untuk Stabilizer itu gotong royong bebas sih temen-temen sanggup di aktifin atau tidak ya, ini fungsi nya supaya mengurangi guncangan yang terekam ketika kita mengambil video, jadi kalau menggunakan stabizer ya effeknya agak terlihat profesional gitu lah gan.

Oke lanjut 


Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photo Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photography di smartphone android


Oke temen-temen ane rekomendasiin untuk settingan bitrate nya gunain settingan 100Mbps ya temen-temen atau 90 Mbps, kalau sekitar 150 ke atas takut nya HP nya takut jadi lag dan gak berpengaruh temen-temen.


Nah temen-temen disini mungkin ada salah satunya dari temen-temen yang udah tau dengan istilah yang satu ini, baiklah bagi yang belum tau baiklah simak dulu ya temen-temen.


Bitrate itu ada 2 istilah nih temen-temen sebelumnya  ada yang bitrate yang dalam video dan ada juga bitrate dalam audio temen-temen, berhubung kita lagi dalam bahan video jadi ane sedikit kasih citra aja apa itu bitrate dalam video.

========================

Oke bitrate adalah banyaknya bit yang diproses setiap detik oleh sebuah file video ketika video itu diputar. Biasanya satuannya kilobit per detik (Kbps) atau megabit per detik (Mbps).

=======================


Terus apa pengaruhnya terhadap video ? jadi gini temen-temen semakin besar video bitrate dalam video maka semakin tajam hasil yang didapat tetapi sebaliknya semakin kecil bitrate yang kalian atur dalam aplikasi ini maka kualitas video kalian akan buram atau buruk temen-temen.


Nah alasannya kualitas yang manis untuk memori pun persiapkan ya temen-temen, alasannya biasanya ukuran video menjadi besar temen-temen apa lagi kalo kita ngambil resolusi video kita tadi di settingan 4K.


Oke untuk lebih detail nya temen-temen sanggup googling ya temen-temen atau sanggup komen di bawah nanti akan ane balas temen-temen sebisa ane hehe. Oke lanjut temen-temen ke settingan berikutnya 


Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photo Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photography di smartphone android

Berikutnya setting frame rate ane rekomdasiin di setting di angka 25 atau 24 frame rate ya temen-temen. Bingung lagi kan apa lagi frame rate :v, baiklah santuy aja temen-temen ane bakal jelasin juga secara garis besarnya apa itu frame rate.


Apa sih frame rate ? 


Frame = Bingkai dan,
Rate = Menilai


" Makara artinya menilai bingkai atau bingkai menilai, wkwkw taulah temen-temen ane bego banget bahasa inggris sumpah inggris ane buruk temen-temen, maklum ane itu pemalas temen-temen :v  "


Tapi ane gak bakal ngejelasin panjang lebar apa itu frame rate ane jelasin secara garis besar aja sama fungsinya buat apa ya temen-temen.

Oke lets go

Oke jadi begini temen-temen Frame rate ialah Jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detik dalam menciptakan gambar bergerak; diwujudkan dalam satuan fps (frames per second), makin tinggi angka fps-nya, semakin mulus gambar bergeraknya.


Semakin besar FPS atau frame rate dalam video maka semakin bagus, biasanya untuk  film-film action dan berkelahi biasanya ada di kisaran 24 -48 Frame Rate, tapi kalau buat video yang ingin di slow motion biasanya makin besar Frame rate makin ciamikk slow motion nya.


Terus apa kekerabatan nya sama Kualitas Video ?


Ya itu yang menyerupai ane jelasin di atas barusan temen-temen bahwa " Semakin besar FPS atau frame rate dalam video maka semakin bagus, biasanya untuk  film-film action dan berkelahi biasanya ada di kisaran 24 -48 Frame Rate, tapi kalau buat video yang ingin di slow motion biasanya makin besar Frame rate makin ciamikk slow motion nya."

Sama kan :v

Oh iya settingan nya belum kelar temen-temen, lanjut ya temen-temen



Ya ampun sorry ya temen-temen gak rapi gambarnya, maklum Nob ane wkwkwkk

Nah untuk bab ini sebaiknya temen-temen sambil di praktekan ya temen-temen, semoga temen-temen sanggup pribadi paham dari apa yang ane maksud, soalnya agak resah juga ane jelasin nya kalo ga sambil praktek, maklum ane bukan guru yang sukanya ngejelasin tau-tau disuruh ngerjain soal :v.


Keterangan :

1 = itu untuk mengunci exposure, tujuan nya semoga ketika kita geser geser cahaya tetep normal. 

2 = Ikon Setting

3 = Mode Manual, biasanya ane pilih itu, tapi itu bebas sih terserah kalian, enaknya pakai manual kalian sanggup geser-geser tuh garis yang panjang. itu fungsi nya hampir sama kaya manual fokus di lensa di DSLR temen-temen. jadi kalian sanggup leluasa ngatur fokus yang di inginkan kalau menggunakan fokus manual.

4 = Itu Grid temen-temen, bagi yang belum tau apa itu grid, grid itu garis gari yang ada di layar dengan tujuan untuk memprosisikan gambar, teladan nya ya kaya gambar di atas temen-temen.


    " Itu setingan yang ane gunakan ya temen-temen, kalian sanggup improvisasi sesuai yang temen-temen mau "

Nah kalau temen-temen ingin tau temen-temen sanggup lihat video di channel youtube ane yang bab Cinematic Video sanggup dilihat disini.


Nah kini ane kasih juga settingan buat Dunia Photography,

Sebenarnya kalo buat foto-foto berdasarkan ane dari pengaturan default aja udah manis temen-temen, biasanya ane cuma setting disini aja temen-temen.


Cara mengatur setingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photo Cara mengatur settingan aplikasi open camera yang manis untuk menciptakan videography dan Photography di smartphone android

Nah disini juga ane pakai settingan manual ya temen-temen, monggo temen-temen sanggup pribadi ulik buat yang settingan photography nya, kadang tiap orang settingan buat take 
gambar itu beda-beda kalo ane ya begini.


Kalau untuk dunia photography biasanya ane lebih sering menggunakan Gcam (Google Camera) temen-temen, hanya saja HP kalian harus dalam posisi harus sudah di root, ane gak berani rekomendasiin, soalnya ini agak ancaman juga ke HP temen-temen.


Biasanya HP yang sudah di root itu sanggup simpel banget terkena virus, makanya ane gak rekomendasiin, atau kalau temen-temen masih kekeh pengen nge root smartphone kalian silahkan-silahkan aja temen-temen.




Apalagi ya ? udah itu aja temen-temen ane pegel ngetik nya, ane harap artikel ini sanggup bermanfaat buat temen-temen yang sedang mencar ilmu di dunia multimedia ini temen-temen, baiklah simpulan kata dari ane selamat mencoba dan selamat berkreasi temen-temen.

0 Response to "Cara Mengatur Settingan Aplikasi Open Camera Yang Manis Untuk Menciptakan Videography Dan Photography Di Smartphone Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel