-->

LAPORAN MINGGUAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR KROMATOGRAFI

Terus support dan dukung Blog ini teman dengan klik dibawah ini ... 




LAPORAN MINGGUAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR KROMATOGRAFI


LAPORAN  MINGGUAN PRAKATIKUM
KIMIA DASAR
KROMATOGRAFI








OLEH

JAHTERA MANALU
E10012132
C2














FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2011


Latar Belakang
Dalam mempelajari kromatografi ini kita harus mempunyai landasan pengetahuan yang cukup dalam, supaya kita sedikit mudah mempratikumannya. Hal ini merupakan hal yang penting untuk pembahasaan dalam pratikum kimia dasar ini, agar kelalaian tersebut tidak terjadi lagi.
Kita selaku mahasiswa fakultas peternakan wajib dibekali pelajaran kimia karna untuk menunjang kelancaran dalam menguasai ilmu peternakan, terutama dalam materi kromatografi. Atas dasar itulah kita harus melakukan praktikum untuk lebih memperdalam materi dan penerapannya agar dapat memanfaatkan ilmu kimia di dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan
Adapun tujuan diadakannya kegiatan praktikum ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara memisahkan dan mengidentifikasi campuran itu bisa terjadi, serta manfaat yang akan kita   peroleh dalam praktikum ini adalah mengetahui lebih rinci bagaimana hal tersebut bisa tejadi dan dapat di gunakan pada kehidupan sehari-hari. Praktikum ini bertujuan untuk kromatografi bertujuan untuk mengetahui cara memisahkan dan mengidentifikasi campuran berbagai jenis tinta pada kertas kromatografi.
Manfaat
Dengan adanya praktikum kromatografi kita bisa menambah wawasan. Serta manfaat yang akan kita peroleh dalam praktikum ini adalah mengetahui lebih rinci bagaimana hal tersebut bisa tejadi dan dapat digunakan pada kehidupan sehari-hari.


MATERI DAN METODA

Waktu dan tempat
Kegiatan praktikum ini dilaksanakaan pada hari selasa tanggal  november 2011, di laboratorium MIPA UNIVERSITAS JAMBI, kegiatan praktikum ini di mulai dari jam  8.00 WIB sampai dengan selesai.
Materi
Alat dan bahan yang di gunakan pada saat praktikum kromatografi dan adalah, kertas kromatografi, gelas kimia, lidi, tinta biru, merah,dan hitam, gelas piala.
Metoda
Metoda dalam praktikum kromatokgrafi mula-mula buatlah garis dengan pinsil 1 cm dari ujung bawah kertas kromatografi (semacam kertas saring). Pada kegiatan kedua adalah membuat titik dengan tinta hijau di tengah garis itu. Pada kegiatan  ketiga yaitu buat tinta dengan tinta lain di sebelah kiri dan di sebelah kanan titik hijau pada jarak 2 cm. Biarkan titik itu menjadi kering.
Pada kegiatan  keempat gulunglah kertas sehingga membentuk silinder. Pada kegiatan kelima tempatkan kertas di dalam gelas kimia yang berisi air setinggi 1 cm, sehimgga ujung kertas tercelup dalam air (jaga sehingga titik tinta tidak tercelup/terendam dalam air).
Pada kegiatan enam biarkan air merambat ke bagian atas kertas. Zat warna dalam tinta akan ikut merambat naik. Pada kegiatan tujuh jika air sudah merambat mendekati ujung atas kertas, keluarkan kertas. Beri tanda batas rambatan air. Pada kegiatan delapan  perhatikanlah noda-noda zat warna dalam tinta. Biarkan kertas saring menjadi kering. Pada kegiatan sembilan ukur jarak batas air dan jarak tiap noda zat warna, dari garis pinsil pada ujung bawah kertas. Hitung harga 
jarak noda
jarak air

perbandingan kedua jarak = ( jarak sama dengan jarak noda di bagi dengan jarak air ). kegiatan sebelas buat kromatogram dari titik tinta yang tidak di kenal, misalnya campuran dua macam tinta.




Download Dokumen ini dengan klik DISINI ....

0 Response to "LAPORAN MINGGUAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR KROMATOGRAFI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel