-->

Laporan Praktikum Produksi Ternak Perah "Pemeriksaan Kesegaran Susu"



Laporan Praktikum Produksi Ternak Perah "Pemeriksaan Kesegaran Susu"


I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Susu adalah sekresi susu yang praktis bebas dari kolesterum yang diperoleh dari pemerahan sempurna dari seekor sapi atau lebih. Susu tidak saja dihasilkan oleh ternak sapi tetapi juga dihasilkan ternak kambing. Susu merupakan bahan makanan yang bernilai gizi tinggi  karena mengandung hampir semua zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Susu merupakan bahan pangan yang tersusun oleh lemak, protein, air, karbohidrat, mineral dan vitamin-vitamin dengan nilai gizi yang tinggi dan seimbang. Didalam susu juga terdapat sejumlah mikroba, baik mikroba yang patogen maupun mikroba non pathogen serta vitamin A, D, E, K, B1, B6, B12, P, Mg dalam jumlah  memadai. Susu merupakan emulsi lemak dalam air artinya berbagai komponen penting baik yang larut dalam lemak maupun larut dalam air. Dalam 250 ml susu dengan kadar lemak susu 2%, terkandung 285 mg kalsium dan 8 gram protein.
Kebiasaan minum susu secara teratur sejak dini dapat mencegah kekurangan enzim lactase secara drastis. Susu baik untuk semua orang dan semua usia.  Baik bagi anak-anak untuk pertumbuhan tulang badan  dan   pertumbuhan  gigi karena susu banyak mengandung kalsium , mencegah terkena kanker usus, Osteoporosis, mengobati penyakit yang ditimbulkan dari pencernaan.
1.2 Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dari praktikum kesegaran susu  adalah ini agar mahasiswa dan mahasiswi melalui uji sensorik, uji kebersihan, uji alkohol, uji didih/masak, dan uji reduktase menggunakan biru metilen mengetahui susu yang baik,sehat dan layak untuk dikonsumsi bagi masyarakat.
Adapun manfaat dari praktikum ini adalah praktikan dapat mengetahui metoda-metoda yang dapat digunakan untuk menentukan kesegaran susu tersebut dan kelak dapat diimplementasikan kedalam dunia kerja.




Download Full Dokumen ini dengan klik DISINI ....

0 Response to "Laporan Praktikum Produksi Ternak Perah "Pemeriksaan Kesegaran Susu""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel