-->

Cara Menambah Google Sitemap ke Blog (Blogspot) Terbaru

add a google sitemap blog

Apa itu File Sitemap XML

File Sitemap XML itu seperti direktori semua halaman yang ada di situs atau blog Anda. Mesin pencari seperti Google dan Bing dapat menggunakan file sitemap ini untuk menemukan halaman di situs Anda sehingga apabila bot pencarian tidak melakukan perayapan secara berkala, File Sitemap ini yang akan mempermudah perayapan (crawl).

Masalah dengan File Sitemap Blogger

File sitemap yang lengkap harus menyebutkan semua halaman situs, tapi bukan itu masalahnya, jika blog Anda di-host di Blogger, File sitemap XML default dari blog Blogger manapun hanya akan mengindeks 26 posting blog terbaru. ini merupakan batasan Blogger, karena beberapa halaman blog lama Anda, yang hilang dalam file sitemap XML default, mungkin tidak akan pernah terindeks di mesin pencari. Namun ada solusi sederhana untuk memperbaiki masalah ini.

Buat sitemap Lengkap untuk Blog Blogger Anda

Bagian ini berlaku untuk kedua blog blogger, baik yang menggunakan alamat .blogspot.com maupun blog Blogger yang di-host sendiri yang menggunakan domain khusus (seperti undilife.gq). Inilah yang perlu Anda lakukan untuk mengekspos struktur situs blog Anda yang lengkap ke mesin telusur dengan bantuan peta situs XML.

Buka Sitemap Generator dan ketik alamat lengkap blog blogspot Anda (atau blog Blogger yang di-host sendiri). Klik tombol Create Sitemap dan tool ini akan langsung menghasilkan teks yang diperlukan untuk sitemap anda. Salin keseluruhan teks yang dihasilkan ke clipboard Anda (lihat gambar di bawah).

google sitemap generator

Selanjutnya masuk ke dasbor Blogger Anda, pilih Settings > Search Preferences, aktifkan opsirobots.txt Custom (tersedia di bagian Crawling and Indexing). Tempel atau paste teks clipboard di sini dan simpan perubahan Anda.

setting robot txt

Dan kita sudah selesai. Mesin pencari secara otomatis akan menemukan file sitemap XML Anda melalui file robots.txt dan Anda tidak perlu melakukan ping secara manual.

0 Response to "Cara Menambah Google Sitemap ke Blog (Blogspot) Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel